Dashboard Satuan Pendidikan

Dashboard Satuan Pendidikan (SP) merupakan kumpulan komponen (attribut) informatif yang menampilkan data agregat total data Satuan Pendidikan yang bersumber dari Data Pokok Pendidikan (DAPODIK). DAPODIK merupakan sistem pendataan pendidikan online untuk pengelolaan data pendidikan nasional yang meliputi satuan pendidikan, peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan yang dilakukan oleh unit utama (PAUDNI, DIKDAS, DIKMEN).Data agregat Satuan Pendidikan ditampilkan dalam bentuk grafik, tabel, meter dan peta yang dirangkum berdasarkan provinsi dan dapat ditelusuri hingga wilayah administrasi tingkat kecamatan.

Dashboard Satuan Pendidikan (SP) ini dibangun dengan tujuan untuk memonitor data satuan pendidikan yang belum sinkron dengan data referensi pendidikan pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Informasi yang terkandung didalamnya dapat digunakan sebagai pendukung dalam aktivitas pengambilan keputusan serta dapat dimanfaatkan untuk menganalisa data sehingga para pengguna mampu menjelajahi dan mengeksploitasi data dari berbagai dimensi untuk menghasilkan suatu pola yang bisa ditemukan dari data yang ada.

Besar harapan kami, dengan dibangunnya Dashboard Satuan Pendidikan ini dapat memberikan gambaran umum mengenai keadaan data Satuan Pendidikan di Indonesia.

Salam PDSPK

Link : http://dashboard.data.kemdikbud.go.id/